Pages

 

Selasa, 13 Januari 2015

Contoh Rpp Matematika Kelas VII

0 komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMP Negeri 19 Palembang
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VII/1
Materi Pokok              : Himpunan
Sub Materi                   : Pengertian Himpunan dan Himpunan Semesta
Alokasi Waktu            : 1 x 10 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran     agama yang dianutnya
1.1.1 saling menghargai yang merupakan wujud pengamalan agama yang dianutnya.
2.
2.1  Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas  sehari-hari.
2.1.1        Menunjukan sikap peduli terhadap teman agar terciptanya diskusi yang baik.
3.
3.2. menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh himpunan.
1.    Memahami pengertian himpunan dan himpunan semesta.
2.    Mengklasifikasikan pengertian himpunan dan himpunan semesta dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan himpunan dan himpunan semesta dalam kehidupan sehari-hari.
4.
4.1 Menggunakan Charta
1. Menggunakan Charta dalam permasalahan Himpunan dan Himpunan Semesta.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.   Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat memahami tentang pengertian himpunan dan himpunan semesta.
2.   Setelah melakukan diskusi siswa dapat mengklasifikasikan himpunan dan himpunan semesta dalam kehidupan sehari-hari.
3.   Setelah pembelajaran siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan dan himpunan semesta dalam kehidupan sehari-hari.


D.    Materi Pembelajaran
Himpunan dan Himpunan Semesta
a.   Pengertian Himpunan
Himpunan adalah sekumpulan atau sekelompok benda (objek) yang telah terdefinisi dengan jelas.Suatu himpunan dilambangkan dengan huruf kapital seperti: A, B, C, N, P. Apabila objek atau anggota himpunan berupa huruf kecil atau angka yang diletakkan di dalam kurung kurawal.
Contoh :
1.      Himpunan huruf vokal ditulis V = {a, i, u, e, o}
2.      Himpunan bilangan cacah dituls C = {0, 1, 2, 3, 4, 5, …}
3.      K adalah himpunan huruf pembentuk kata “MATEMATIKA” maka dapat ditulis K = {m, a, t, e, i, k}

b.      Himpunan Semesta
Himpunan semesta adalah himpunan yang memuat semua objek yang sedang dibicarakan.Himpunan semesta disebut juga sebagai himpunan Universal, biasanya dilambangkan dengan S atau U.
Misalnya :
S = { bilangan ganjil}
S = {alat transportasi darat}
S = { nama jenis kue }

E.     Metode  pembelajaran
Metode                  : Diskusi, penugasan dan inkuiri




F.     Media, dan Sumber Belajar
Media:
-          Alat Peraga berupa charta atau gambar karton
-          Lingkungan di dalam kelas
-          Lembar Kerja Siswa (LKS)
Sumber:
-          Buku paket Matematika Kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi, halaman 115 karangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan
1.      Membuka pelajaran dengan salam pembuka dan berdo’a
2.      Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai


1 -2 menit








Inti














KegiatanInti
·           Guru membagi siswa ke dalam kelompok heterogen yang anggotanya masing-masing 4-5 orang.
·           Guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok.
Mengamati:
·            Siswa mengamati fenomena masalah secara individu beserta alternatif  penyelesaian yang berkaitan dengan himpunan dan himpunan semesta.
Menanya :
Dari contoh soal dan hasil pengamatan yang dilakukan siswa menyusun daftar pertanyaan yang muncul untuk mengembangkan materi ajar.
 Mengumpulkan informasi
§   Masing-masing kelompok dengan bimbingan guru mengerjakan kegiatan yang ada dalam LKS.
§   Siswa diarahkan membaca buku/referensi lainnya untuk mendapatkan informasi tentang himpunan semesta .
§   Setiap anggota kelompok dipastikan paham tentang permasalahan yang telah dibahas.

Mengasosiasikan:
·         Menganalisis suatu permasalahan dengan menggunakan berbagai objek.
·         Menyimpulkan penggunaan himpunan dan himpunan semseta yang berkaitan dalam permasalahan kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh.

Mengomunikasikan :
§   Masing-masing kelompok menuliskan hasil diskusinya untuk dipresentasikan
§   Tiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan kelompok lain menanggapi hasil presentasi.
§   Meliputi tanggung jawab untuk menginformasikan tambahan informasi ataupun tanggapan lainnya.





2- 8 menit

Penutup
Kegiatan Penutup
1.        Melakukan refleksi, membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
2.        Siswa diminta membaca buku tentang himpunan kosong dan diagram venn.
3.        Memberikan tugas di rumah   
8 -10 menit




H.    Penilaian Hasil Belajar
1.   Sikap Spiritual
Instrumen Penilaian Diri :
No
Nama Siswa
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran (1-4)
Ket
1



2



3



4




Kisi-kisi :
1.         Tidak Berdoa
2.         Berdoa dengan tidak sungguh-sungguh
3.         Kadang berdoa dengan sungguh-sungguh
4.         Selalu berdoa dengan sungguh-sungguh
Penskoran :
1                      : Kurang
2                      : Cukup
3                      : Baik
4                      : Baik Sekali
2.    Penilaian Sikap Sosial
Lembar Penilaian dalam kegiatan diskusi kelompok
No
Nama
Hal yang dinilai
Jumlah
1
2
3
4
5
1







2







3







4







5








Keterangan : Hal yang dinilai
No
Hal yang dinilai
1
Aktif dalam berdiskusi
2
Memberikan Pendapat
3
Saling menghargai
4
Kekompakkan
5
Bekerja sama

Penilaian pengetahuan
1.      Amatilah dan perhatikan semua benda atau objek yang ada di dalam kelasmu, kemudian tuliskan nama-nama himpunan dan anggotanya tersebut!
2.      Setelah kalian mengamati benda-benda yang ada di dalam kelasmu, amatilah juga benda atau objek yang ada di lingkungan sekolahmu, kemudian tentukan Himpunan semesta yang ada di lingkungan sekolahmu sebanyak mungkin!


Pedoman Penilaian
No.
Kriteria
Score
1.
Ø  Himpunan alat tulis
T = {buku, pena, pensil, penggaris, penghapus}
Ø  Himpunan alat pembersih
P = {sapu, kain pel, serokan, lap, ember}
Ø  Himpunan siswa-siswi yang berkaca mata
K = { abi, ani, kiki, andre, sadewa}



50


2.
Ø  S = {guru matematika di SMP N19 Palembang}
Ø  S = {ekstrakulikuler di SMP N19 Palembang}
Ø  S = {siswa yang berangkat kesekolah dengan berjalan kaki}
Ø  U = {alat-alat tulis}
Ø  U = {kumpulan siswa yang berkaca mata}


50



Skor akhir
100

I.       Tugas Siswa
Buku paket Matematika kelas VII halaman 110 nomor 1 sampai 4


Palembang, November 2014
Mengetahui,
Kepala SMP N19 Palembang                                  Guru Mata Pelajaran


DR. Adi Hariansyah                                                 Prof. H. Masyhuri, M. Pd

0 komentar:

Posting Komentar